Posted by: Habib Ahmad | 16 Julai 2009

Habib Luthfi bin Ali bin Yahya

Habib Luthfi bin Ali bin Yahya
habib-lutfi-bin-yahya

Habib Luthfi bin Ali bin Hasyim bin Yahya dilahirkan di Pekalongan Jawa Tengah pada hari Senin, pagi tanggal 27 Rajab tahun 1367 H. Bertepatan tanggal 10 November, tahun 1947 M. Dilahirkan dari seorang syarifah, yang memiliki nama dan nasab: sayidah al Karimah as Syarifah Nur binti Sayid Muhsin bin Sayid Salim bin Sayid al Imam Shalih bin Sayid Muhsin bin Sayid Hasan bin Sasyid Imam ‘Alawi bin Sayid al Imam Muhammad bin al Imam ‘Alawi bin Imam al Kabir Sayid Abdullah bin Imam Salim bin Imam Muhammad bin Sayid Sahal bin Imam Abd Rahman Maula Dawileh bin Imam ‘Ali bin Imam ‘Alawi bin Sayidina Imam al Faqih al Muqadam bin ‘Ali Bâ Alawi.
NASAB BELIAU :
Al Habib Muhammad Luthfi bin Sayid Ali al Ghalib bin Sayid Hasyim bin Sayid Umar Bin Sayid Thaha sahibur ratib (yang menyusun ratib Kubro) bin Sayid Muhammad bin Sayid Thaha bin Sayid Hasan bin Sayid Syekh bin Sayid Ahmad bin Sayid Yahya bin Sayid Hasan bin Sayid ‘Ali bin Sayid Muhammad Faqih Muqadam bin Sayid ‘Alawi bin Sayid ‘Ali bin Sayid Muhammad Sahib Marbath bin Sayid Khala ‘Ali Qasam bin Sayid ‘Alawi bin Sayid Muhammad bin Sayid Muhammad an Naqib bin Sayid ‘Isa an Naqib bin Sayid Ahmad al Muhajir bin Sayid Abdullah bin Sayid ‘Alawi bin Sayid ‘Ali al ‘Uraidhi bin Sayid Ja’far Shadiq bin Sayid Muhammad al Baqir bin Sayid ‘Ali Zainal Abidin bin Sayid Imam Husain as Sibthi bin Sayidatina Fathimah az Zahra binti Sayidina Muhammad Saw.

Masa Pendidikan
Pendidikan pertama Maulana Habib Luthfi diterima dari ayahanda al Habib al Hafidz ‘Ali al Ghalib. Selanjutnya beliau belajar di Madrasah Salafiah. Guru-guru beliau di Madrasah itu diantaranya:

• Al Alim al ‘Alamah Sayid Ahmad bin ‘Ali bin Al Alamah al Qutb As Sayid ‘Ahmad bin Abdullah bin Thalib al Athas
• Sayid al Habib al ‘Alim Husain bin Sayid Hasyim bin Sayid Umar bin Sayid Thaha bin Yahya (paman beliau sendiri)
• Sayid al ‘Alim Abu Bakar bin Abdullah bin ‘Alawi bin Abdullah bin Muhammad al ‘Athas Bâ ‘Alawi
• Sayid ‘Al Alim Muhammad bin Husain bin Ahmad bin Abdullah bin Thalib al ‘Athas Bâ ‘Alawi.
Beliau belajar di madrasah tersebut selama tiga tahun.

Perjalanan Ilmiah
Selanjutnya pada tahun 1959 M, beliau melanjutkan studinya ke pondok pesantren Benda Kerep, Cirebon. Kemudian Indramayu, Purwokerto dan Tegal. Setelah itu melanjutkan ke Mekah, Madinah dan dinegara lainnya. Beliau menerima ilmu syari’ah, thariqah dan tasawuf dari para ulama-ulama besar, wali-wali Allah yang utama, guru-guru yang penguasaan ilmunya tidak diragukan lagi.

Dari Guru-guru tersebut beliau mendapat ijazah Khas (khusus), dan juga ‘Am (umum) dalam Da’wah dan nasyru syari’ah (menyebarkan syari’ah), thariqah, tashawuf, kitab-kitab hadits, tafsir, sanad, riwayat, dirayat, nahwu, kitab-kitab tauhid, tashwuf, bacaan-bacaan aurad, hizib-hizib, kitab-kitab shalawat, kitab thariqah, sanad-sanadnya, nasab, kitab-kitab kedokteran. Dan beliau juga mendapat ijazah untuk membai’at.

Silsilah Thariqah dan Baiat:
Al Habib Muhammad Luthfi Bin Ali Yahya mengambil thariqah dan hirqah Muhammadiah dari para tokoh ulama. Dari guru-gurunya beliau mendapat ijazah untuk membaiat dan menjadi mursyid. Diantara guru-gurunya itu adalah:

Thariqah Naqsyabandiah Khalidiyah dan Syadziliah al ‘Aliah
Dari Al Hafidz al Muhadits al Mufasir al Musnid al Alim al Alamah Ghauts az Zaman Sayidi Syekh Muhammad Ash’ad Abd Malik bin Qutb al Kabir al Imam al Alamah Sayidi Syekh Muhammad Ilyas bin Ali bi Hamid

• Sanad Naqsyabandiayah al Khalidiyah:
Sayidi Syekh ash’ad Abd Malik dari bapaknya Sayidi Syekh Muhammad Ilyas bin Ali bi Hamid dari Quth al Kabir Sayid Salaman Zuhdi dari Qutb al Arif Sulaiman al Quraimi dari Qutb al Arif Sayid Abdullah Afandi dari Qutb al Ghauts al Jami’ al Mujadid Maulana Muhammad Khalid sampai pada Qutb al Ghauts al Jami’ Sayidi Syah Muhammad Baha’udin an Naqsyabandi al Hasni.

• Syadziliyah :
Dari Sayidi Syekh Muhammad Ash’Ad Abd Malik dari al Alim al al Alamah Ahmad an Nahrawi al Maki dari Mufti Mekah-Madinah al Kabir Sayid Shalih al Hanafi ra.

Thariqah al ‘Alawiya al ‘Idrusyiah al ‘Atha’iyah al Hadadiah dan Yahyawiyah:
• Dari al Alim al Alamah Qutb al Kabir al Habib ‘Ali bin Husain al ‘Athas.
• Afrad Zamanihi Akabir Aulia al Alamah al habib Hasan bin Qutb al Ghauts Mufti al kabir al habib al Iamam ‘Utsman bin Abdullah bin ‘Aqil bin Yahya Bâ ‘Alawi.
• Al Ustadz al kabir al Muhadits al Musnid Sayidi al Al Alamah al Habib Abdullah bin Abd Qadir bin Ahmad Bilfaqih Bâ ‘Alawi.
• Al Alim al Alamah al Arif billah al Habib Ali bin Sayid Al Qutb Al Al Alamah Ahmad bin Abdullah bin Thalib al ‘Athas Bâ ‘Alawi.
• Al Alim al Arif billah al Habib Hasan bin Salim al ‘Athas Singapura.
• Al Alim al Alamah al Arif billah al Habib Umar bin Hafidz bin Syekh Abu Bakar bin Salim Bâ ‘Alawi.
Dari guru-guru tersebut beliau mendapat ijazah menjadi mursyid, hirqah dan ijazah untuk baiat, talqin dzikir khas dan ‘Am.

Thariqah Al Qadiriyah an Naqsyabandiyah:
• Dari Al Alim al Alamah tabahur dalam Ilmu syaria’at, thariqah, hakikat dan tashawuf Sayidi al Imam ‘Ali bin Umar bin Idrus bin Zain bin Qutb al Ghauts al Habib ‘Alawi Bâfaqih Bâ ‘Alawi Negara Bali. Sayid Ali bin Umar dari Al Alim al Alamah Auhad Akabir Ulama Sayidi Syekh Ahmad Khalil bin Abd Lathif Bangkalan. ra.
Dari kedua gurunya itu, al Habib Muhammad Luthfi mendapat ijazah menjadi mursyid, hirqah, talqin dzikir dan ijazah untuk bai’at talqin.

Jami’uthuruq (semua thariqat) dengan sanad dan silsilahnya:
Al Imam al Alim al Alamah al Muhadits al Musnid al Mufasir Qutb al Haramain Syekh Muhammad al Maliki bin Imam Sayid Mufti al Haramain ‘Alawi bin Abas al Maliki al Hasni al Husaini Mekah.

Dari beliau, Maulana Habib Luthfi mendapat ijazah mursyid, hirqah, talqin dzikir, bai’at khas, dan ‘Am, kitab-kitab karangan syekh Maliki, wirid-wirid, hizib-hizib, kitab-kitab hadis dan sanadnya.

Thariqah Tijaniah:
• Al Alim al Alamah Akabir Aulia al Kiram ra’su al Muhibin Ahli bait Sayidi Sa’id bin Armiya Giren Tegal. Kiyai Sa’id menerima dari dua gurunya; pertama Syekh’Ali bin Abu Bakar Bâsalamah. Syekh Ali bin Abu Bakar Bâsalamah menerima dari Sayid ‘Alawi al Maliki. Kedua Syekh Sa’id menerima langsung dari Sayid ‘Alawi al Maliki.
Dari Syekh Sa’id bin Armiya itu Maulana Habib Luthfi mendapat ijazah, talqin dzikir, dan menjadi mursyid dan ijazah bai’at untuk khas dan ‘am.

Kegiatan-kegiatan Maulana Habib:
• Pengajian Thariqah tiap jum’at Kliwon pagi (Jami’ul Usul thariq al Aulia).
• Pengajian Ihya Ulumidin tiap Selasa malam.
• Pengajian Fath Qarib tiap Rabu pagi(husus untuk ibu-ibu)
• Pengajian Ahad pagi, pengajian thariqah husus ibu-ibu.
• Pengajian tiap bulan Ramadhan (untuk santri tingkat Aliyah).
• Da’wah ilallah berupa umum di berbagai daerah di Nusantara.
• Rangakain Maulid Kanzus (lebih dari 60 tempat) di kota Pekalongan dan daerah sekitarnya. Dan kegiatan lainnya.

Jabatan Organisasi:
• Ra’is ‘Am jam’iyah Ahlu Thariqah al Mu’tabarah an Nahdiyah.
• Ketua Umum MUI Jawa Tengah.
• Anggota Syuriyah PBNU.dll.

Sumber : luqman-firmansyah

About these ads

Responses

  1. semoga para habib bisa memberi teladan pada kita semua” amin”

  2. assalamualaikum bib…saya ahkwat alhikmah jakarta barat pimpinan ust.fatihin dahuri.begini bib saya ingin sekali cepat menikah!tetapi orangtua saya belum meridhoinya dan mengiklaskan saya utk segera menikah.sedangkan saya dgn calon suami saya inginnya ya segera menikah karena takut terjerumus kedlm maksiat.gmn seharusnya sikap saya habib lutfi yg terhormat dlm menghadapi masalah yg demikian sulitny untuk saya hadapi?

  3. assalamualaikum habib…. Syukur Alhamdulillah akhirnya sy bisa mendapat Email habib. Sy memperkenalkan diri dulu Habib. nama sy Ibrahim Tiro sy dari Tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary, sy murid ke 12 dari syekh yusuf al makassary QS. sy sekarang jadi humas sekaligus Ajudanya Habib Rahim Assegaf. Habib Rahim Assegaf selalu menyebut nama Habib. tolong kami do doakan habib. salam dari guru kami Habib Rahim Assegaf.

  4. Assalamu’alaikum, Habib saya berkeinginan besar mau belajar ilmu agama, tetapi karena waktu yg saya hadapi sekarang belum ada berkesempatan untuk mengikutinya, sementara saya hanya belajar dari informasi 2x yg ada serta buku 2x yg ada juga, solusinya bagaimana ya bib,saya bekerja di Hotel di jakarta

  5. Assalamu’alaikum bib,saya mau tanya,apakah kabilah alqudsi dahulunya memang merantau ke malaysia dan indonesia,mengingat pada umumnya yg merantau keindonesia adalah habib dari keturunan husein,wassalam

  6. assalamu alikum”ya habib mohon do’a nya buat kaum muslimin yg sdang memperjuangkan imannya…..syukron wasalam

  7. athoolallaahu umrohu fii sihhatain wa ‘aafiyatin wa ‘alal barokah
    agar dapat selalu memberikan bimbingan kepada kita
    amien

  8. Assalamualikum ww. wbr

    Syukur Alhamdulilah mudah-mudahan habib Lutfi & keluarga sehat selalu begitu juga kami di pekanbaru.

    Pada kesempatan ini Habib, saya mohon ijasahkan zikir Asmaul Husna untuk ketenangan hidup saya & keluarga.
    Sekali lagi bantuannya ya bib. Atas bantuan habib kami ucapkan terima kasih.

    Wassalam
    Warino-Pekanbaru

  9. Asslamu’alaikum….pa habib luthfi rohimakumullah..sya ingin menanyakan Dimana saya bisa mendapatkan kitab Jami’ul Usul thariq al Aulia dan kitab lathoiful minan?
    saya mencari belum jg mendapatkannya dan barangkali bp bisa membantu agar saya bisa mendapatkan kitab – kitab tersebut. mohon maaf terima kasih.

  10. Asslamu’alaikum….pa habib luthfi rohimakumullah..sya ingin menanyakan Dimana saya bisa mendapatkan kitab Jami’ul Usul thariq al Aulia dan kitab lathoiful minan?
    saya mencari belum jg mendapatkannya dan barangkali bp bisa membantu agar saya bisa mendapatkan kitab – kitab tersebut. mohon maaf terima kasih.

  11. asalamu’laikum yaa habiib rahimakumullahita’ala

    bib kita pelajar smkn2 purwokerto sekaligus murid kyai ilyas noor(kedungparuk)mohon doanya bib mugo ujian kita bisa dapet nile yg bagus,diberi ketenangan oleh Allah SWT dalam mengerjakannya,,amiin

    jazakumullahukhoiru jaza

    wassalamu’laikum

  12. Assalamu’alaikum Ya Duriatin Nabi Ya Habib
    ana sudah mendapat ijazah talkin qadiriyah wanaqsyabandiyah, tapi ana mau mau talqin lagi ke antum Bib gimana menurut Habib, demikian dari ana Bib, bila ada kata kata atau tulisan ana kurang berkenan mohon ana di maafkan dan di do’akan.

    Wasalammu’alaikum WrWb……

    Mulyana

  13. Assalamualaikum, salam dan doa agar Habib diberikan kesehatan.Amin. Senantiasa sambung rasa dan silaturahim. Mohon doa selamat. Pandu Suryo. Makassar

  14. Asslamu’alaikum….pa habib luthfi

    saya orang kabupaten Pekalongan ingin tahu alamat pondok atau tempat tinggal habib supaya saya bisa mendapatkan ilmu dari habib ketika ada pengajian.

    azakumullahukhoiru jaza

    wassalamu’laikum

    untung dwiharjo

  15. ASSLM………..HABIB

    BAGAIMANA KABAR HABIB…SEMOGA SELALU SEHAT SELALU SEHINGGA BISA TERUS MENGAYOMI UMAT….AMIN

    SAYA ORANG BATANG…..
    SAYA MAU KONSULTASI TENTANG PENYAKIT HATI YANG TIDAK KUNJUNG SEMBUH….YAITU WASWAS
    WASWAS INI BERAWAL DARI SEJAK AKU SEKOLAH SMA….AKU SEMPAT BERFIKIR KALAU ORANG NON ISLAM ITU TUBUHNYA NAJIS, KARENA ORANG NON ISLAM SERING MEMEGANG ANJING YANG ITU BERARTI DIA TERKENA NAJIS BESAR…DAN YANG PASTI MEREKA PASTI TIDAK BERSUCI LAYAKNYA ORANG MUSLIM JIKA TERKENA NAJIS BESAR….
    AWALNYA KALO AKU KETEMU TEMEN ORANG SMA ATAU ORANG NON MUSLIM LAINNYA SELALU MENGHINDAR KARENA AKU SELALU BERFIKIR SEPERTI ITU…..
    SETELAH AKU KONSULTASIKAN DENGAN SALAH SATU KYAI….ALHAMDULILLAH ADA KEMAJUAN…SEKARANG KALU KETEMU DENGAN NON MUSLIM SUDAH TIDAK WASWAS LAGI KALU TERPEGANG ATAU MEMEGANG…..
    TETAPI HABIB…..WASWAS SAYA MASIH JIKA KETEMU DENGAN TEMAN SMA…..
    APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN DAN BAGAIMANA SEBAIKNYA….gimana menurut Habib,
    demikian dari saya Habib, bila ada kata kata atau tulisan saya yang kurang berkenan mohon saya di maafkan dan di do’akan.
    terima kasih
    WASSALAMU’ALAIKUM

  16. Aslkm,wr wb,Habib Luthfi yng ulun muliakn,smg HB slalu sehat & sjahtra skluarga,ulun Ahmad Fauzi Bin Abdul Qadir prknanknlah ulun mnyampaikn ssuatu kpd habib Luthfi,thn yng lalu ulun prnah jmpa dgn HB wktu acara Houl Syekh Abdul Qadir Jilani diKuala Tungkal,jmbi & Houl HB Husein diSebrang,jmbi tpi saat itu ulun tdk bs minta doanya HB krna jama’ah trlalu bnyak,mk mlalui tlisan ini ulun mhn HB brknan mndoakn ulun spaya diluaskn allah rezki ulun,qabul hajad2 ulun,sehat & slamat,dmikinlah prmintaan ulun smg HB tdk kberatn,ulun ucpkn trimakasih,mdah2an ulun dpt jmpa lg ama HB.mf jika ini mngganggu rutinitas HB dusini,wslmkm,wr wb.

  17. Assalaamualaikum wr.wb. Habib Luthfi yg di Rahmatillah, saya mohon petunjuk habib agar dapat berbaiat Thoriqoh Syadziliyah, saya berkeluarga yg dikaruniai seorang putri dan berdomisili di Jakarta Barat, mohon jawaban dari habib lewat email saya (hadi_hk80@yahoo.com) wassalamalaikum wr.wb.

  18. saya ingin tahu jadwal rangkaian maulid habib lutfi?

  19. ass,,,,sholiala muhamad bib,,,segala puji buat allah dan rosull muhamad,gini bib setahun lalu saya pernah bermimpi di jumpai habib,tp masalahnya sebelumnya saya belumpernah tau tentang habib,,,dan bisa dikatakan tidak kenal sama sekali,,,tp kok anehnya habib muncul di mimpi saya dan di cerita mimpi itu habib berkunjung di rumah saya bersama wanita dan saya tak mengenal siapa wanita tsb,,,,dan di situ habib memake baju jubah putih dan wanita tsb memake jubah hitam bib,,,,,,dan di situ habib meminta obat dan saya beri segelas air bib,,,,anehnya saya juga tidak bisa mengobati seseorang.malam jum’at,,,,,, berawal dari mimpi itulah saya mencari tau tentang habib,,,,,dan saya ingin tauu tentang mimpi saya ada apa di balik mimpi saya bib….dan saya inggin berjumpa dengan habib,wassss

  20. Assalamu’alaikum, wr. Wb.
    Disebut kan bahwa Sayid Habib pernah menimba ilmu di Benda, kalau bleh tahu pada siapa Beliau berguru pada waktu itu?
    Trimakash.
    Wassalam

  21. Assalamu’alaikum habib. Saya mohon habib mau berkenan memberi ijazah ratib al-Haddad kepada saya beserta sanadnya. Sekaligus ijin untuk mengijazahkanya kepada sesama muslim lainya. Juga ijin untuk mengadakan/membuka semacam majelis ratib al-Haddad jika suatu saat saya berkeinginan untuk mengadakan/membukanya.
    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum.

  22. habib,mau nyari tentang sejarah rotib kbro dimana ya?


Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Kategori

Ikut

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 761 other followers

%d bloggers like this: