Berhaji dengan Berjalan Kaki
Tuesday, 28 September 2010 15:26

“Kami telah menempuh perjalanan sejauh 3.400 mil, berjalan melintasi beberapa negara….”

Waktu pelaksanaan ibadah haji memang masih dua bulan lagi, namun suasana itu telah terasa di berbagai penjuru dunia. Di Indonesia perayaan Walimah As-Syafar begitu semarak. Bahka di Chechnya, empat warganya, Raiova Jibril, Altmirov Haran, Vitaiova Fakhrudin, dan Xiaoyova Isamard, telah memulai perjalanan menuju Tanah Suci Makkah sejak 17 Juni 2010.

Mereka berjalan melintasi beberapa negara. Berangkat dari Chechnya melalui Azerbaijan, Iran, Suriah, Turki, dan tiba di Yordania. Bahkan kini mereka telah meninggalkan ibu kota negara itu, Amman, dan menuju pelabuhan di Arab Saudi, Ammar. “Kami telah menempuh perjalanan sejauh 3.400 mil. Kami beristirahat hanya untuk duduk, mencuci pakaian, makan, dan shalat,” kata Jibril, seperti dilansir surat kabar Arab Saudi Al Riyadh.

Perjuangan untuk mewujudkan niatnya menjalankan ibadah haji tahun ini tentu patut diacungi jempol. Berbeda dengan jama’ah haji lainnya, yang berangkat menuju Tanah Suci dengan berkendaraan.
Keempat tamu Allah SWT ini merasa senang karena keinginan untuk beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi insya Allah terwujud tak lama lagi.