Istana Hati: Korelasi antara Hati dan Tubuh dalam Tinjauan Ihsani PDF Print E-mail

Penulis: Habib Umar bin Muhammad bin Salim Bin Hafidz
Penerbit: Nurani Publishing, Jakarta
Harga: Rp. 43.000

Ibarat sebuah kerajaan, jiwa dan raga manusia memiliki komponen yang saling membantu. Hati menjadi sentralnya, mengatur semua gerak aktivitas tubuh dan pikiran. Hati memiliki peran yang sangat besar dalam menentukan baik-buruknya perilaku manusia.

Namun hati tak berdiri sendiri. Apa yang ada di hati merupakan hasil timbal balik dari apa yang dilakukan oleh tubuh. Gerak hati mempengaruhi perilaku tubuh, sementara perilaku tubuh membawa dampak balik ke dalam hati.

Melalui salah satu karya agungnya ini, Habib Umar mengulas berbagai sisi keterkaitan hati dan anggota tubuh dalam membentuk jati diri manusia. Ia juga memberikan nasihat-nasihat agar hati kita tetap bersih dan diridhai Allah SWT. Di antara nasihatnya, menjaga keluarga dari barang-barang syubhat, apalagi barang yang haram.

Barang syubhat, serta keberadaanya di dalam perut dan tubuh, memiliki bahaya dan akibat buruk yang berpengaruh kuat dalam kehidupan saat ini, kelak, dan pada saat kembali kepada Tuhan. Oleh karena itu, menjaga perut agar tidak dimasuki barang syubhat merupakan salah satu tanda iman kepada Allah dan Rasul-Nya. Juga merupakan salah satu sebab keselamatan dan keterjagaan jasmani dan ruhani, di dunia dan akhirat.