Posted by: Habib Ahmad | 16 Mac 2010

Dalil / Dasar hukum tentang Mas Kawin -Habib Munzir

Dalil / Dasar hukum tentang Mas KawinPublished on March 14, 2010 in Artikel Islam and Fiqih. 1 Comment

Mas Kawin yg sunnah adalah Perak, atau emas, atau alat tukar berupa uang. Dan Sabbda Rasul saw : ?Sebaik baik mas kawin adalah yg terkecil (termurah)? maka fahamlah kita bahwa keberkahan pernikahan adalah dari kecilnya nilai mas kawin, namun boleh boleh saja diluar mas kawin kita memberi hadiah mobil misalnya, atau rumah atau uang ratusan milyar misalnya, namun sunnah pada mas kawinnya adalah yg terkecil nilainya, sebagaimana sabda Rasul saw : ?seburuk buruk wanita adalah yg menuntut mahar yg tinggi?.

Bila anda bertanya mengenai mas kawin yg paling baik dan bermanfaat, maka saya menjawabnya bahwa mas kawin yg paling baik dan bermanfaat adalah yg bisa menjamin keberkahan dan kelangsungan pernikahan kita sepanjang hidup dalam kebahagiaan bahkan menjamin kelangsungan hubungan bahagia hingga hari kiamat, hingga pernikahan kita langgeng dalam keberkahan, bagaimana caranya..?, yaitu yg sesuai dengan sunnah, yaitu sebagaimana hadits diatas.

Memang sulit menjalankannya, dan banyak orang merasa terhina, namun jauh lebih sulit mengarungi kelangsungan pernikahan, apalagi hingga tak terputus dihari kiamat.., ah.. itu semua dibeli dengan beberapa kejap saja, bagaimana?, dengan mahar yg terkecil nilainya dan sesuai dengan sunnah..

About these ads

Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Kategori

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 686 other followers

%d bloggers like this: