Posted by: Habib Ahmad | 23 November 2010

Hadramaut, Bumi Sejuta Wali

Hadramaut, Bumi Sejuta Wali

Hadramaut, Bumi Sejuta Wali
Penyusun: Ahmad Imron & Syamsul Hary
Penyunting: Abdurrahman Baraqbah
Cahaya Ilmu Publisher & Duta Mustafa Press, Surabaya
RM37.90 – Stock 04

RasuluLlah shallALlahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“Datang kepada kalian penduduk Yaman, mereka lebih ramah perasaannya dan lebih lembut hatinya, iman adalah pada penduduk Yaman, dan hikmah kemuliaan ada pada penduduk Yaman .”
(Shahih Al Bukhari)

Yaman sebuah negara di Jazirah Arab, terletak di Asia Barat Daya, tepatnya di bagian Timur Tengah. Negeri Yaman tak asing lagi di telinga kaum muslimin Indonesia. Terutama kota Hadramaut dan Tarimnya. Selain terkenal kentalnya dengan budaya keIslamannya, negeri tersebut memiliki banyak madrasah yang menjadi tempat tujuan bagi para pelajar dari luar negeri. Saat ini negeri muslimin terbesar di dunia adalah Indonesia, dan membawa Islam ke Indonesia adalah kebanyakan dari negeri Yaman yang terkenal dengan Negeri Seribu Walinya.

Akhir-akhir ini, silaturrahim antara Indonesia dan Yaman terutama Hadramaut terajut kian hangat dan mesra. Tingginya intesitas kedatangan ulama-ulama Hadarim -seperti Habib Umar bin Hafidz, Habib Salim as-Syathiri, Habib Zain bin Sumaith serta yang lainnya-seolah kian mendekatkan kedua negeri itu. Bahkan Habib Umar bin Hafidz dijadwalkan datang ke Indonesia setiap tahun. Beberapa ulama tanah air juga kerap mengikuti ziarah Nabi Hud AS. dan ziarah Tarim di bula Sya’ban. Gejala ini sungguh positif, Hadramaut dan Indonesia adalah dua saudara sekandung yang tak bisa terpisahkan. Beberapa tahun belakangan ini, negeri Hadramaut menjadi buah bibir di tengah masyarakat muslim.

Banyak orang bertanya-tanya, negeri macam apakah Hadramaut itu? Bagaimanakah kehidupan orang-orang di negeri yang disebut-sebut sebagai tempat persamayaman para wali itu? Mengapa Rasul SAW sampai memuji penduduk Yaman?

About these ads

Respon

  1. salam…sye nk tye..bgai mne tdrinya hadhramaut?bgai mna cara utk bljr dsne?

    • Rumah ana di Segamat pernah didatangi sepupu dari Hadharmaut,Yaman.Kata ana itu negeri bermakna “hadhir & mati”? Beliau kata bukan sama sekali tp sempena nama seorang putera raja di Yaman.2 bulan beliau berada di Malaysia & nak jadi warga sini tp gagal & terpaksa pulang setelah habis tempoh visa lawatan.

  2. Dan Suatu Saat Yang Membantu Perjuangan Al-Mahdi adalah Pejuang2 dari Yaman

  3. ya habibana

  4. Bagaimana saya nak beli buku ni?

  5. Alham dulilah sekarang setiap subur saya dapat menjada makmuk untuk imam dari negara tersebut.memang benar sangat santun.sewaktu membuka puasa beliu sendiri akan merai serta melayan tetamu dan beliu sendiri akan menyambut tetamu yang berbuka.Alham dulilah setiap subuh Magrib dan isya,surau penuh sehingga ke belakang.beliu membuat kerja dengan iklas,tiada gaji atau elaun.terdengar ada keluarga jemaah yang meninggal tidak menolak buat solat ghaib kalau di minta.dari Ali Akbar,

  6. salamualaikum tuan2. Saya baru di sini. saya sedang mencari maklumat tentang ulama2 dari hadralmaut lalu terjumpa laman ini. saya hrp dapat lebih info berkenaan hal ini. saya di mukah, sarawak.

  7. saya sangat ingin sekali mengunjungi dan ziarah di kota yang di diami oleh para wali allah

    • annadjwa travel akan mengadakan tur ziarah ke hadramaut apada tgl 29 april 2012 sd 7 mei 2012 biaya 12750000 conctact person hb novel assyathiri

  8. Saya Ingin Sekali Mengunjungi dan Berziarah di Tempat Ilmu NYA Para Wali

  9. indonesia, malaysia, fatani, filipina, singapura, kemboja, brunai…
    sedih bila kita dipisah-pisahkan sebegini…
    Suatu Bangsa yang semakin dilupakan,
    Melayu…

  10. pengen buku itu

  11. semoga tuhan memberi kekuatan kepada semua yang terlibat dengan usaha memakmurkan kehidupan semua manusia dengan konsep cara hidup yang terbaik dan sama seperti rasa ketenangan hidup di zaman nabi yang tercinta dan mereka hidup terus dengan tidak menidakkan teknologi yang telah tercipta tetapi menggunakan nya untuk tujuan dakwah dan menyampaikan yang benar dan tetap di terima oleh yang tidak menerima dan kenapa ia berlaku ialah kerana jika yang benar itu tetap di terima oleh yang bukan pengikut ia bermakna ia betul betul benar dan tepat

  12. Guru ku Habib Salim Asyatiri di Hadramaut doakan saya untuk bisa kesana, belajar dengan engkau, ana Ali Zaenal Abidin Ibnu Hasan Al-Hadist dari Indonesia

  13. Saya ingin ketemu juga sahabat saya akhina Angga dari Cibinong, Bogor, Indonesia, ya Habib Salim Asyatiri, Guru ku doakan saya, semoga ada rezeki dari mana saja sehingga saya bisa belajar kesana, ke Yaman, Hadramaut Al-Fatihah…….

  14. semoga bisa dapat ziarah madinah dan ziarah hadramaut kota sejuta aulia
    semoga manfaat
    download ceramah dan qosidah habaib

  15. SUBHANALLAH semoga ALLAH beri kemudahan pada yg mau bljr di yaman

  16. kami dari travel alfa tours mempunyai program umroh plus ziarah ke makam sejuta wali tersebut pada bulan maulid 1435 H / Januari 2014, skalian mengikuti acara maulid nabi di tempat sohibul maulid ( simtudduror ) dan ziarah ke sohiburrotib alhaddad dan ziarah ke tempat makam para waiyulloh lainnya..
    bagi yang minat bisa menghubungi kami di 081.219.100.555
    syukron

    • alfa tours dijakarta atau malaysia ya

  17. Marilah kita sama-sama memerangi golongan syiah yang telah membunuh umat Islam di dunia terutama di Syria dan Mesir.

  18. Subhanalloh andaikan ana bisa berziarah ke negri para wali alangkah bahagianya aq

  19. Subhanallah


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Kategori

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 686 other followers

%d bloggers like this: