Posted by: Habib Ahmad | 8 Disember 2009

Membersihkan Hati (Tanya jawab dengan Habib Lutfi bin Yahya)

Membersihkan Hati (Tanya jawab dengan Habib Lutfi bin Yahya)
Published by Syafii on December 1, 2009 08:44 pm under Artikel Islam

Asalamualaikum Wr.Wb

Habib Luthfi yang saya hormati dan saya cintai, bagaimana cara membersihkan hati dari berbagai macam bentuk penyakit hati? Saya sangat menginginkan hati ini istiqamah dalam menjalankan ibadah. Terlalu banyak penyakit dihati saya.
Menurut Habib, amaliyah apa yang paling cocok buat saya, dan bagaimana cara saya berbai’at kepada Habib Luthfi? Saya ingin, bahkan sangat ingin berbaiat kepada Habib Luthfi.

Waalaikum Salam Wr. Wb.

Sayyid Mirza bin Irwan Baraqbah
Martapura, Kalimantan selatan

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saya sangat kagum dan bangga sekali atas pertanyaan anda. Semoga Allah Swt. memberikan keberkahan kepada anda sekeluarga.

Siapapun yang ma’rifatnya hidup, hatinya hidup, akan resah dengan apa yang ada dalam hatinya. kalau-kalau ada penyakit bathiniyah. Bagi orang yang kesadarannya tinggi itu sangat meresahkan.

Cara mengatasinya, pertama, bertaqarub kepada Allah melalui thariqat. Mengganti sifat-sifat yang kurang baik, yang melekat dihati dengan sifat-sifat yang baik, yang senantiasa mengajak kita bertaqarub kepada Allah Swt.

Kedua, kita berusaha menganti ukiran-ukiran yang buruk dalam hati kita dengan ukiran-ukiran yang indah, dengan cara berusaha menjalankan perintah Allah Swt. dan sunnah Baginda Nabi Saw.. Kemudian mendekatkan diri kita pada ulama, menghadiri ta’lim-ta’lim mereka. Karena duduk bersama para alim ulama menimbulkan daya tarik tersendiri bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.

Ketahuilah, manusia itu tempatnya kekurangan. Siapapun mempunyai sipat kekurangan. Mari kita sama-sama belajar mengurangi (bukan menutup-nutupi) kekurangan yang ada pada diri kita masing-masing dengan cara berdzikir. Allah Swt. berfirman, “berdzikir itu menenangkan hati”. Jika hati kita tenang, insyaallah, kita akan lebih mudah mengndalikan keinginan kita untuk berbuat maksiat.

Mengenai keinginan anda untuk berbaiat, saya sangat bersyukur dan bergembira. Luangkanlah waktu untuk ke tempart saya: Jl. Dr. Wahidin No. 70, Noyontaan, Pekalongan. Sebab, JIka melalui surat, tidak bisa dibenarkan. Jadi, kapan saja anda ingin berbai’at, beritahukan kepada kami. Terimaksih.

(Al Kisah Edisi 4-17 Mei 09)

Sumber Habib Lutfi bin Yahya

About these ads

Respon

  1. assalamualiakum ya habib….

  2. Ass.wr.wb.
    Saya seorang salik thariqah qodiriah wa naksabandiyah, dari syekh..(Ma’af sengaja tidak menulis nama guru saya)
    Bagaimana cara menghilangkan khotir sa’at berdzikir.
    Wss.wr.wb

    M.z.ridho
    Lampung

  3. assalamualaikum ya abi al Habib Lutfi….salam kenal dari saya yang masih sangat membutuhkan bimbingan, mohon penjelasan tentang dzikir kalimat Laailaha illallaah Muhammadurrosululloh apakah termasuk dalam wiridan thoriqot jika memang thoriqot yang mana ?? afwan ya habib

  4. assalammualaikum,,
    ya habib saya seorang anak muda zaman dekarang yg setiap hari hanya berfoya-foya saya bingung gimana cara meninggal kan itu semua , saya sedih akan apa yg saya lakukan sendiri , saya ingin berubah tapi berat rasanya tolong beri saya petunjuk
    wasalam,,,

    • Insya_Allah jumpa kawan ana namanya Nur Muhammad ada phone dia depan website ni hubungi dia insya Allah dah ramai remaja yg beliau bantu kembali ke pangkalan jalan, beliau seorang yg sang baik dan tinggi akhlaknya

  5. ass..
    saya seorang wanita yg sring mlanggar larangan-larangan,,dan saya ingin bertanya bagaimana cara nya mmbersihkan hati,karena setahu saya perbuatan yang kotor karena hati yang kotor pula,mohon jawaban ny terima kasih

  6. ass…. ya habib,
    ya habib saya seorang wanita yang ingin mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua saya….
    ya habib ane ingin bertanya, apakah ada orang tua yang durhaka terhadap seorang anak, contohnya apa ya habib mohon penjelasannya……….
    was…

  7. Assalamualaikum warahmatullah.
    Ya Habib… Saya berusaha mencari metode penyucian jiwa yg ringan dan sungguh berkesan. Memang banyak artikel berkaitan pembersihan diri dari sifat-sifat cela tetapi jalan mengenal penyakit, cara membasmi penyakit dan cara untuk mengenal penyakit hati berkurang dari satu tahap ke satu tahap tetapi belum ditetapkan secara pasti ini metodenya dan sebagainya. oleh karna itu, saya berharap seandainya bisa diketengahkan cara-cara pembasmian.
    Wasallam.

  8. Habib lutfi yg dirahmati Alloh Swt. Saya untung soebagyo dr cikampek bermaksud konsultasi kemana sy hrs menemui yg mulia habib…


Tinggalkan Jawapan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Tukar )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Tukar )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Tukar )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Tukar )

Connecting to %s

Kategori

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 719 other followers

%d bloggers like this: